Pages

Selasa, 09 Desember 2014

Mengatur Hak Akses di Linux :


Tidak sedikit pengguna Linux pemula yang mengalami kebingungan karena tidak dapat mengoperasikan suatu program atau mengakses sebuah file atau direktori dikarenakan oleh hak akses yang ada pada setiap file dan direktori yang ada pada Linux.

Linux mengenal hak akses yang mengatur setiap user sehingga tiap user hanya dapat mengakses file-file atau direktori tertentu saja, hal ini digunakan untuk kepentingan keamanan sistem.

Dua perintah (program) dalam Linux yang digunakan untuk mengatur hak akses tersebut adalah chmod dan chown. Program chmod digunakan untuk mengubah hak akses suatu file, sedangkan chown digunakan untuk mengganti pemilik file tersebut.

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai penggunaan perintah diatas, sebelumnya perlu dijelaskan terlebih dahulu mengenai hak akses di dalam Linux.

Setiap file dan direktori yang ada dalam sistem linux memiliki tiga buah hak akses, satu untuk user itu sendiri, kemudian untuk user dalam grup yang sama dengan pemilik file dan yang terakhir untuk user lainnya.

Ada tiga jenis hak akses, yaitu:



Selain jenis hak akses, ada juga tiga jenis user yang diberikan akses, yaitu:

Oke sekarang saya akan mencontohkan cara mengatur hak akses di Linux...
pertama saya membuat sebuah file yang saya namai halooooo.txt

 file dengan nama halooooo.txt saat ini memiliki hak akses -r--r--r-- yang artinya user memiliki hak akses read, group memiliki hak akses read, dan other memiliki hak akses read juga. saya ingin user, group dan other memiliki hak akses read, write, dan execute. maka cara nya seperti ini
cara yang di gunakan di atas adalah cara simbolik. saya ingin merubah hak akses file halooooo.txt menjadi read, write, dan execute lagi untuk user, group dan other tapi tidak menggunakan cara simbolik melainkan dengan cara numerik. contohnya seperti ini :
sekian sedikit sharing ilmu dari saya. semoga bermanfaat. :)

0 komentar:

Posting Komentar