Pages

Jumat, 05 Desember 2014

SETTING ACCESS POINT



SETTING ACCESS POINT

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi bagaimana cara mensetting Access point. Pada tutorial ini saya menggunakan access point TP-LINK dengan model TL-WA7210N.

Sebelum ke tutorial, kita harus mempersiapkan beberapa alat

1. TP-LINK dengan model TL-WA7210N


2. Kabel Pigtail

Kabel Pigtail atau kabel jumperl diperlukan untuk menghubungkan antara antena omni dengan dengan access point, perhatikan panjang maksimal yang diperlukan hanya 1 meter, selebih dari itu anda akan mengalami degradasi sinyal (loss dB) Pada kedua ujung kabel terdapat konektor dimana type konektor disesuaikan dengan konektor yang melekat pada access point kamu.

3. Antena

Untuk memperluas jangkauan access point

4. Kabel UTP

kabel UTP/STP ini diperlukan untuk menghubungkan antara access point dengan jaringan kabel pada LAN lokal anda, jadi di bawah dia bisa ditancapkan ke komputer Gateway/Router atau ke Hub/Switch, pilihlah kabel UTP/STP yang berkualitas baik guna meningkatkan kualitas arus listrik yang dilewatkan melalui POE.

5. POE (Power Over Ethernet)


Alat ini berfungsi untuk mengalirkan listrik melalui kabel ethernet atau kabel UTP/STP, dengan adanya POE maka access Point dapat dinyalakan tanpa perlu repot mengulur kabel listrik ke atas tower.

Oke sekarang kita akan langsung ke tutorial....
1. langkah pertama yang harus kita lakukan setelah mempersiapkan alat-alat diatas adalah mereset access point dengan cara menekan tombol reset selama lebih kurang 30 detik sampai semua lampu indikator mati dan menyala lagi.

2. lalu setelah itu, setting ip PC kita dengan IP yang mendekati IP access point. dalam kasus ini IP access point saya 192.168.0.254. saya menggunakan ip 192.168.0.244

3. kemudian kita buka browser dan ketikan IP address yang kita gunakan sebelumnya sehingga muncul setup konfigurasi dan klik next
  

4. lalu akan muncul beberapa pilihan menu. karena kita akan melakukan setting access point maka pilih menu access point


5. atur nama SSID, region, jenis keamanan, dan password access point yang akan kita gunakan

6. agar access point yang kita buat membagi IP address secara otomatis, pilih "enable" di menu DHCP

7. dan langkah terakhir adalah mereboot access point kita dengan cara mengklik tombol reboot

:) :) :)

0 komentar:

Posting Komentar